ASPEK MANAGEMENT
A. Identitas Pengusaha
Nama : : Alfiatus Sa'adah
Jabatan dalam perusahaan : Komisaris (Pemilik)
Tempat/Tanggal Lahir : Pekalongan, 9 Oktober 1996
No. KTP : 332610-0910-960001
Alamat : Rowokembu RT06/RW03 Wonopringgo Kab. Pekalongan 51181
No. Telepon : (0274) 375209
Nama : Rajendra Baskara
Jabatan dalam perusahaan : Direktur Utama
Tempat/Tanggal Lahir : Pekalongan, 29 Juni 1999
Pendidikan Terakhir : Sarjana Ekonomi (Manajemen)
No. KTP : 290658-04791-00225
Alamat : Kertijayan RT01/RW02 Kab. Pekalongan 51123
No. Telepon : (0274) 375209
B. Identitas Perusahaan
Nama Perusahaan : CV. Batik Suffi
Bentuk Perusahaan : Persekutuan Komanditer (CV)
Jenis Usaha Utama : Industri Batik
Alamat : Jalan Sriwijaya No. 3 Pekalongan
No. Telepon : (0274) 375209
No. Faks : (0274) 378653
NPWP : 01.136.545.9-541
SIUP : No. 42/12-05/PB/IX/1990
SIUI : No. 134/IZ/A/12/IX/1992
Tanda Daftar Perusahaan : No 120535300492
Izin Tempat Usaha : No. 503-T.404/65.B/92
Tanda Izin Gangguan : No. 0812/0218.MJ/2008-3709/12
Sertifikat Merek : No. IDM000179712
Bank : Bank BNI
C. Struktur Organisasi
Meskipun status perusahaan Batik Suffi adalah Persekutuan Komanditer (CV), tetapi pada dasarnya CV. Batik Suffi merupakan perusahaan perseorangan sehingga struktur organisasinya masih relative sederhana. Meskipun demikian, struktur organisasi CV. Batik Suffi sudah bisa memenuhi tujuan dasar man power loading yaitu mengorganisasikan sumber daya manusia kebagian-bagian yang membutuhkan dengan porsi yang seimbang dengan beban kerjanya. Hasil nyata yang bisa dirasakan dari struktur organisasi perusahaan adalah adanya garis perintah dan koordinasi yang jelas, sehingga setiap karyawan dapat saling bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama (goal congruence). Bagan struktur organisasi secara terperinci dapat dilihat pada lampiran.
Posisi pengawasan (Dewan Komisaris) dipegang oleh Alfiatus Sa'adah, sedangkan pada posisi manajemen inti perusahaan dipegang oleh Rajendra Baskara sebagai Direktur Utama. Selain manajemen inti tersebut, perusahaan mempunyai 386 orang karyawan baik pria maupun wanita sebagai tenaga kerja.
D. Personalia
Dalam rangka pembinaan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia, karyawan CV. Batik Suffi telah diikutkan berbagai macam kegiatan kursus dan pelatihan untuk meningkatkan keahlian maupun ketrampilan sesuai bidang kerja masing-masing. Kegiatan yang telah dilakukan antara lain :
- Penataran P4 pola pendukung 25 jam.
- Kursus proses pembuatan batik sutra alam
- Kursus computer
- Penyuluhan mengenai saluran limbah perusahaan
- Penyuluhan mengenai kesehatan tenaga kerja
- Penyuluhan mengenai peningkatan mutu produk
- Penyuluhan mengenai system pengupahan tenaga kerja
- Pendidikan dan latihan proses pembuatan batik Wool dan masih banyak kegiatan yang lainnya.
Sebagian besar kegiatan yang dilakukan pada CV. Batik Suffi adalah kegiatan yang membutuhkan kecermatan dan ketelitian, oleh karena itu komposisi pekerja wanita lebih besar dibandingkan pekerja pria. Hal tersebut dapat dilihat pada komposisi jumlah karyawan perusahaan sebanyak 386 orang, yang terdiri dari karyawan wanita sebanyak 239 orang dan karyawan pria sebanyak 147 orang.
E. Sejarah Berdirinya Perusahaan
Perusahaan Batik Suffi adalah perusahaan yang bergerak dalam industry pembuatan dan perdagangan batik. Perusahaan ini didirikan di Pekalongan, tepatnya di Jalan Sriwijaya No.3 Pekalongan pada tanggal 25 Oktober 2010 oleh Alfiatus Sa'adah yang pada saat itu berbadan hukum perusahaan perseorangan. Dengan seiringnya waktu yang terus berjalan, perusahaan ini mengalami perubahan badan hukum, yakni menjadi CV (Comanditer Venotschop) berdasarkan keputusan pada Akta Notaris No. 13, tanggal 5 Juni 1973 dan Akta Notaris No. 04, tanggal 1 Mei 2012 oleh Notaris RM. Soerjanto Partaningrat SH, selain itu terjadi pula regenerasi manajemen dari Alfiatus Sa'adah kepada temannya yang bernama Rajendra Baskara mulai tahun 2014, dimana beliau selaku Direktur Utama Perusahaan Batik Suffi selain berusia muda juga memiliki latar belakang pendidikan dan pengetahuan yang memadai didalam dunia usaha, khususnya batik.
Ciri khas yang tercermin pada perusahaan CV. Batik Suffi adalah lebih mengutamakan kepada padat karya (Labour Intensive) dimana dalam proses produksi hamper keseluruhan tahapan prosesnya bersifat manual, sehingga memerlukan jumlah tenaga kerja yang relative banyak dan berorientasi pada ekspor ke luar negeri (Export Oriented)dimana hal tersebut terlihat dari besarnya konsumen wisatawan mancanegara serta proporsi penjualan ekspor yang cukup besar.
Lingkungan bisnis perusahaan batik ini terbentuk dari beberapa factor, yaitu kondisi wilayah, kebijakan pemerintah, tingkat persaingan dan perubahan-perubahan yang terjadi didalam maupun diluar negeri.
Dalam proses produksi, CV. Batik Suffi membutuhkan jenis bahan baku kain berupa 100% Cotton Prima, 100% Cotton Primissima, 100% Silk atau Sutera, Voillisima, HTS 9, Berkolissima, Lycra, dan lain-lain yang diganakan untuk bahan baku kain, sedang alat-alat yang dibutuhkan untuk membatik adalah canting, cap, kompor khusus batik, wajan kecil, Loyang, malam (lilin khusus batik), gawangan, tempat penggodokan dan tempat pencelupan, steam, mesin pemanas, screan printing yang digunakan untuk proses produksi batik dan mesin jahit dan mesin obras serta alat-alat lain yang menunjang jalannya proses produksi untuk konveksi. Dalam hal pewarnaan dibutuhkan Naptol dan garam pewarna yang harus diimpor dari German. Selain itu dalam rangka menyongsong era globalisasi berupa liberalisasi, CV. Batik Suffi mulai menerapkan Total Quality Management (TQM) pada proses produksinya guna memperoleh sertifikat ISO 9000 dari Departemen Perindustrian dan Perdagangan Republik Indonesia.
F. Misi dan Tujuan
Sesuai dengan bentuk perusahaannya yang berbadan hukum, CV. Batik Suffi yang berorientasi pada suatu seni batik tradisional maka memiliki misi untuk :
- Memperkenalkan seni batik tradisional kepada seluruh masyarakat baikdari dalam negeri maupun luar negeri.
- Melestarikan seni batik tradisional yang mulai menghilang akibat segala sesuatu dalam industri garmen atau pakaian sudah dapat dikerjakan dengan cepat oleh mesin.
- Membantu Negara dalam hal menambah devisa Negara.
- Berusaha mengangkat derajat masyarakat lingkungan sekitarnya.
Sedangkan tujuan CV. Batik Suffi adalah memaksimalkan keuntungan (profitability) sebagaimana perusahaan lainnya. Untuk mencapai semua itu perusahaan tersebut menerapkan strategi yang relevan, yaitu :
- Strategi jangka pendek, merupakan strategi yang tidak berdampak pada perubahan kapasitas produksi.
- Strategi jangka panjang, merupakan strategi yang berdampak pada pengubahan kapasitas produksi.
- G. Hasil Produksi dan Pemasaran
a. Hasil Produk
CV. Batik Suffi merupakan salah satu bagian dari industri batik yang ada di Indonesia, maka perusahaan tersebut memproduksi berbagai macam batik sesuai dengan bahan kain yang digunakan, yaitu :
- Berupa kain baik Sutera, Katun (Primissima dan Prima), Lycra, HTS 9 atau Rayon, Voillisima, Berkolissima, dll.
- Berupa Man, Woman, and Children Wear, atau pakaian Pria, wanita dan anak-anak.
- Berupa House hold atau perlengkapan rumah tangga seperti Taplak Meja, Bed Cover, Dinner Set, Plate snd Glass Mat, Hot mat, dan Apron atau celemek masak.
- Accessories, seperti Wall Hang atau Hiasan dinding, tas, painting atau Lukisan dan lain-lain.
b. Pemasaran
Melihat Kota Pekalongan sebagai kota batik, budaya dan wisata yang akan mendatangkan suatu dampak yang positif bagi perkembangan industri batik di wilayah tersebut, karena batik adalah salah satu cinderamata khas Pekalongan. Oleh karena itu CV Batik Suffi menyimpulkan bahwa produk batik, khususnya di Kota Pekalongan memiliki potensi yang cukup besar.
Dengan adanya peningkatan jumlah wisatawan yang berkunjung ke Kota Pekalongan maka CV Batik Suffi melihat ada prospek yang cerah bagi perkembangan perusahaan. Oleh karena itu perusahaan mengambil langkah dengan melakukan kerjasama dengan Departemen Pariwisata Pos dan Telekomunikasi Kota Pekalongan. Agar dapat dijadikan salah satu obyek wisata bersama perusahaan batik lainnya, seperti Surya Kencana, Plentong, dan Winotosastro dalam hal memasarkan hasil perusahaan tersebut. Sehingga menimbulkan hal yang positif bagi perdagangan dan pembuatan batik, selain itu dari aspek pemasarannya CV Batik Suffi melakukan kegiatan ekspor produk batik ke luar negeri.
H. Lokasi dan Tata Letak Perusahaan
CV. Batik ISuffi dalam melaksanakan kegiatan perdagangan dan pembuatan batik untuk mencapai misi dan tujuan yang telah ditetapkan, maka perusahaan dalam beroperasi terdapat dua tempat, yaitu :
- Jalan Sriwijaya No. 3 Pekalongan sebagai kantor, artshop atau toko. Dengan luas tanah sebesar 1.231 m2 dan luas bangunan sebesar 1.300 m2 (2 lantai).
- Jalan Raya Banyurip No. 5 Pekalongan sebagai pabrik dan tempat praktek industri. Dengan luas tanah sebesar 1.164 m2 dan luas bangunan sebesar 1.012 m2.
I. KLIEN KLIEN YANG BEKERJA SAMA
1. Batik Prambanan Jl. Trenggiling No.101 Pemalang
2. Batik Riziq Jl. Kertijayan No.15 Pekalongan
3. Batik Qoni Jl. Kesasar No.201 Semarang
0 komentar